Cerita Masa Sekolah

Terlalu banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan. Seperti rekaman peristiwa, semuanya seperti akan meledak kalau tidak diceritakan.

April 17, 2009

Ujian Nasional Mulai Senin Depan!

Kegiatan tahunan yang masih dianggap sakral, dengan ungkapan menentukan hidup dan masa depan, adalah ujian nasional. Karena memang labelnya nasional, ujian yang akan digelar mulai Senin depan ini dilaksanakan serempak di tingkat sekolah lanjutan atas. Semua orang yang berkarya di lingkungan pendidikan akan ikut berperanan mengantarkan para siswa melewati uji kebolehan yang merupakan bukti keberhasilan mereka belajar selama tiga tahun. Kegiatan ini akan membuktikan apakah mereka akan lulus, atau harus menempuh jalur lain dengan mengikuti program tambahan berupa PAKET C.

Tidak seorang pun yang ingin tidak lulus ujian nasional. Pihak sekolah, terutama para kepala sekolah, mempertaruhkan segala daya upaya untuk meraih posisi terbaik dengan mengantarkan seluruh siswanya lulus 100 persen. Begitu terdengar kabar adanya siswanya tidak lulus meskipun satu atau dua orang, apalagi dalam jumlah banyak, para kepala sekolah akan merasa jatuh reputasinya. Sampai sekarang ini, segala macam cara hampir menjadi 'halal'. Seruan untuk jujur dalam pelaksanaan dan dalam mengerjakan soal-soal ujian hampir dikatakan sebagai satu aspek yang berbeda dengan tujuan untuk meraih 100 persen lulusan.

Harapan untuk berbuat jujur terlontar sebagai gagasan yang dilontarkan oleh Bupati Bojonegoro di Alon-Alon Kota Bojonegoro. Dalam acara yang menghadirkan seluruh calon peserta ujian nasional di kabupaten Bojonegoro ini, Bupati Suyoto mengharapkan bahwa ujian nasional tahun ini dijalankan dengan jujur, sangat jujur. Artinya usaha dengan segala macam cara, selain dari proses belajar mandiri, diharapkan hapus dari pikiran siswa, guru dan sekolah. Meskipun tanggapan terhadap seruan ini masih bernada sangat pessimistik, bukan berarti bahwa seruan tersebut tidak ada artinya. Budaya ujian nasional yang penuh kecurang memang sudah selayaknya berkurang dari tahun ke tahun.

Mulai Senin depan, 20 April 2009, Ujian Nasional akan dilaksanakan. Bukti kejujuran dari pihak sekolah, pihak penyelenggara, guru pengawas dan pesertanya akan diuji. Bukti keberhasilan proses pendidikan yang bermutu akan segera ditampakkan. Kita tunggu saja proses sakral ini dengan harapan untuk bersikap realistis dalam menerima kenyataan baik tentang kelebihan dan kekurangannya. Semoga...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home