Cerita Masa Sekolah

Terlalu banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan. Seperti rekaman peristiwa, semuanya seperti akan meledak kalau tidak diceritakan.

May 17, 2009

Arti perubahan dalam dunia pendidikan

Perubahan sistem pendidikan yang banyak diperdebatkan kalangan pendidikan adalah munculnya inisiatif mendirikan sekolah-sekolah unggulan. Pilot program yang didukung dengan aliran dana dari pemerintah pusat sekarang mengundang manajemen sekolah untuk berlomba-lomba mengusulkan sekolahnya menjadi sekolah berstandar nasional atau internasional. Keuntungan secara finansial dan prestise menjadi daya tarik yang tidak bisa ditampik. Manajemen sekolah menggagas berbagai perubahan dalam skala program kerja tahunannya.

Gambaran tentang keberhasilan sistem pendidikan di berbagai sekolah, sedikitnya membuat manajemen sekolah lain untuk datang, belajar dan menelitinya. Istilahnya adalah study banding. Melihat karya nyata dalam sistem pendidikan yang mapan, manajemen sekolah yang datang itu lalu berinisiatif merancang kegiatan, menata program unggulan, dan mengharapkan peningkatan kualitas terjadi di sekolahnya. Sesuai dengan yang telah diusung dari hasil study banding, rencana mendirikan program-program unggulan pun direncanakan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Inilah salah satu langkah terciptanya program-program dadakan yang dibangun oleh manajemen sekolah yang berambisi melakukan perubahan.

Secara hakiki, pendidikan memang harus dimaknai sebagai suatu bentuk perubahan. Arah perubahan menuju perbaikan sikap, perilaku dan motivasi untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dari waktu ke waktu. Terkait dengan keinginan untuk mengembangkan sekolah unggulan yang entah bertaraf apa saja--nasional maupun internasional, bentuk perubahan dalam sebuah sistem pendidikan tidak bisa dilaksanakan secara mendadak dan tiba-tiba. Komunitas dalam lembaga pendidikan tersebut harus sudah sadar betul bahwa sekolah tersebut merencanakan sesuatu yang khusus, komponennya harus merasa terlibat secara psikologis maupun sosial. Perubahan sistem yang cukup signifikan, dari sekolah reguler menjadi sekolah internasiona, bukanlah perubahan yang biasa-biasa. Lompatan besar ini harus dibarengin dengan kesiapan-kesipan di berbagai bidang. Besar artinya bila seluruh komponen dalam sistem pendidikan itu benar-benar bisa memainkan sebuah peranan penting di dalamnya.

Kalau tingkatan manajemen yang merancang semua program unggulannya, sementara guru dan karyawan tidak pernah menyumbangkan pemikiran dan hanya sebagai pelaksana, tidak akan bisa dijamin keberhasilan program yang secanggih apapun. Meskipun guru-guru menyatakan dan staff sudah menyatakan dukungan verbalnya, misalnya, harus dikaji pula kesiapan material dan non-material dalam memastikan suksesnya program-program sekolah. Kesiapan guru dan staff bisa memastikan kreativitas yang layak. Posisi mental yang negatif di pihak guru, sebaliknya, juga akan berdampak serius dan justru akan menggagalkan kelangsungan program.

Dari guru dan staff pendukung perubahan sistem juga perlu diamati tentang kemampuan dasar mereka. Hanya mengandalkan kesiapan mental jelas naif rasanya.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home