Cerita Masa Sekolah

Terlalu banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan. Seperti rekaman peristiwa, semuanya seperti akan meledak kalau tidak diceritakan.

June 22, 2009

Membangun sistem manajemen sekolah yang efektif

Trend pengembangan manajemen sekolah menyebutkan "Sekolah Efektif" sebagai salah satu hasil riset yang berkaitan dengan keunggulan manajemen sekolah.

Seperti biasa, riset seperti ini sudah dirilis beberapa tahun lamanya oleh banyak pakar pendidikan di luar negeri, yaitu negara-negara maju seperti Amerika, Australia, Kanada, Inggris dan sebaganya. Sementara itu, penelitian dan pengembangan model-model sekolah efektif di Indonesia berada pada jajaran yang jauh di belakang. bukan merupakan produk dalam negeri--Indonesia. Lantaran canggihnya teknologi informasi, banyak pakar pendidikan Indonesia yang menjadikan hasil riset selama puluhan tahun ini untuk diterapkan di sekolah-sekolah. Satu hasil rekayasa kebijakannya adalah sistem manajemen berbasis sekolah atau MBS. Peraturan pemerintah ini banyak dibicarakan dalam kurun waktu lima tahun belakangan. Sayangnya, dari penerapan dari program pengembangan sekolah efektif ini sangat kurang greget dan kurang berhasil.

Menilik dari kondisi sekolah secara langsung, sistem manajemen sekolah efektif sering kali dijalankan dengan konsep dan pemahaman yang kurang mengenai sasaran.


Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home